Rabu, 04 Januari 2012

makalah konsep bahasa pemrograman


 Konsep Bahasa Pemrograman

Disusun oleh:

•Nama     : Achmad Ariestyo Manggara

•Prodi      :STMIK/TI

•MATERI       :1.pemilihan bhs. pemrograman
                                 2.penjelasan tentang:     •server-side
                                                                •client-side








KATA PENGANTAR

Bismillahhirrohmanirrohim.
Dengan memanjatkan do'a dan puji syukur kehadirat Allah SWT serta sholawat serta salam tercurahkan ke junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas konsep bahasa pemrograman dengan materi pemilihan bahasa pemrograman serta penjelasan tentang server-side dan client-side.
Adapun penulisan tugas ini dapat terselesaikan berkat bantuan dari segala pihak yang membantu terselesaikannya tugas ini serta dari sumber-sumber yang didapat dari internet.
Penulis menyadari bahwa tugas ini masih banyak kesalahan dan kekurangan, penulis membutuhkan pendapat serta saran – saran yang berguna dan mendidik demi penyempurnaan tugas ini serta menjadi panutan untuk lebih baik dalam pengerjaan tugas selanjutnya. Penulis juga meminta maaf apabila ada ketikan yang tidak dapat dibaca atau tidak jelas.
Lampung, 21 Oktober 2011
Penulis












DAFTAR ISI
SAMPUL.................................................................................................         i
KATA PENGANTAR .................................................................................        ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………..         iii
BAB I PEMBAHASAN........................................................................        1

I.I. pengertian bahasa pemrograman C++……………………………..         1-4

I.2. Kelebihan dan kekurangan C++…………………………………..         4

BAB II. ALASAN MEMILIH BAHASA PEMROGRAMAN C++…      5

BAB III. SERVER-SIDE……………………………………………..        6

3.1. TEKNOLOGI SERVER-SIDE……………………………………      6-7

BAB IV. CLIENT-SIDE……………………………………………….      8

4.1. TEKNOLOGI CLIENT-SIDE…………………………………….      .8

BAB V. PENUTUP……………………………………………………..9  

5.1 DAFTAR PUSTAKA………………………………………………..9









BAB I Pembahasan

1.  Pengertian bahasa pemrograman C++

C++ adalah bahasa pemrograman komputer C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.

Contoh Program C++
Contoh program sederhana C++ untuk hello world dengan menggunakan Pustaka Dasar C++ dapat dilihat di bawah ini:

# include
void main()
{
Cout << "hello world\n";
}




Keterangan :
Baris pertama :

#include

Sebagai bagian dari proses kompilator, Kompilator dari c++ menjalankan program yang dinamakan preprosesor. Preprosesor memiliki kemampuan menambahkan dan menghapus kode dari sumber, Pada bagian #include memberitahuakan preprosesor untuk menyertakan kode dari iostream, Berkas iostream berisi deklarasi untuk berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh perangkat lunak, atau class-class yang dibutuhkan

Baris kedua :

void main ()

Pernyataan ini mendeklarasikan fungsi utama, bahwa suatu program C++ dapat berisi banyak fungsi, yang harus selalu memiliki sebuah fungsi utama (main function), Fungsi adalah modul yang berisi kode-kode untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu. Kata Void menandakan fungsi main tidak bertipe.

Baris ketiga :

{

Kurung kurawal buka menandakan awal program.

Baris keempat :

cout Cout << "Hello world\n";

Cout adalah sebuah object dari Pustaka perangkat lunak standart C++ yang digunakan untuk mencetak string ke piranti output standart, yang biasanya adalah layar komputer, Compiler menghubungkan kode dari pustaka perangkat lunak standar itu dengan kode yang telah ditulis untuk mendapatkan hasil executable, Tanda

\n

adalah format modifier yang digunakan untuk bergabti baris setelah menampilkan string, jika ada cout lain pada program tersebut, maka string yang menyertainya akan dituliskan pada baris bawahnya. Baris kelima:

}

Kurung kurawal tutup menandakan akhir program.

Kelompok Statement :

C++ mempunyai 32 buah kata yang dipesan (reserved words), Kata kunci kelompok pertama merupakan turunan dari bahasa C, di antaranya:
auto
const
double
float
int
short
struct
unsigned
break
continue
else
for
long
signed
switch
void
case
default
enum
goto
register
sizeof
typedef
volatile
char
do
extern
if
return
static
union
while


Kelompok kedua

Kata yang dipesan kelompok kedua berjumlah 30. Kata-kata ini adalah baru dan hanya ada di bahasa C++.
asm, dynamic_cast, namespace, reinterpret_cast, try, bool, explicit, new, static_cast, typeid
catch, false, operator, template, typename, class, friend, private, this, using, const_cast, inline, public, throw, virtual
delete, mutable, protected, true, wchar_t ...

Tipe data dasar :

Untuk menyimpan suatu variabel diperlukan tempat khusus di dalam memori komputer, Besar dan tipe dari Variabel-variabel di dalam standar program C++ dispesifikasikan sebagai berikut.
http://i28.servimg.com/u/f28/15/78/53/36/charta10.jpg

Daftar C++ compiler :

Untuk mengubah kode-kode C++ program menjadi suatu program aplikasi yang dimengerti oleh sistem operasi dan komputer, diperlukan sebuah kompilator C++. Berikut ini adalah beberapa kompilator C++ yang dapat digunakan secara gratis,

* Microsoft Visual C++ 2005 Express
* Turbo C++ Explorer
* Apple Xcode for Mac OS X
* Open Source Watcom / OpenWatcom C/C++ Compiler
* Digital Mars C/C++ Compiler (Symantec C++ Replacement)
* Bloodshed Dev-C++ C++ Compiler
* Free Microsoft .NET Framework Software Development Kit (SDK) / Free Microsoft Visual C++ Compiler
* Intel C++ Compiler for Linux Non-Commercial Version
* Sun Studio Compilers and Tools
* Open64 Compiler Tools
* Apple's Macintosh Programmer's Workshop (C and C++ compilers)
* TenDRA C/C++ Compiler
* GNU C/C++ Compiler
* Ch Embeddable C/C++ Interpreter (Standard Edition)
* DJGPP C and C++ Compilers
* CINT C and C++ Interpreter
* SDCC C Cross-compiler
* Cygwin Project (C & C++ Compilers)
* SDCC C Cross-compiler

1.2. Kekurangan dan Kelebihan C++

Kelebihan
  • Bahasa C++ tersedia hampir di semua jenis computer.
  • Kode  bahasa  C/C++  sifatnya  adalah  portable  dan  fleksibel  untuk  semua
    jenis komputer.
  • Proses executable program bahasa C/C++ lebih cepat.
  • Dukungan pustaka yang banyak.
  • C adalah bahasa yang terstruktur.
  • C++ Sudah mendukung OOP (Object Oriented Programming).
Kekurangan
  • Banyaknya  Operator  serta  fleksibilitas  penulisan program  kadang-kadang
    membingungkan pemakai.
  • Bagi  pemula  pada  umumnya  akan  kesulitan  menggunakan  pointer  dan
    penerapan konsep OOP.







BAB II
Alasan memilih bahasa pemrograman C++

Setelah melakukan beberapa survey di media internet, menanyakan lebih jauh lagi soal pemilihan bahsa pemrograman yang baik kepada orang-orang yang sudah mempelajari bahasa pemrograman dan ahli nya, banyak saran dan pendapat yang mereka berikan. Kesimpulan nya semua bahasa pemrograman baik untuk di pelajari tetapi tetap masing-masing bahasa pemrograman mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, semua itu tergantung kepada yang mempelajari nya.
Dari survey tersebut orang-orang yang mempelajari bahasa pemrograman dan ahli nya mengatakan bahwa semua bahasa pemrograman itu mudah di pelajari asalkan orang tersebut mengerti logika dan algoritma karna semua itu berhubungan terhadap bahasa pemrograman.
Dengan demikian penulis menyimpulkan dan memutuskan untuk memilih bahasa pemrograma C++. Alasan nya, dari awal penulis sudah melihat bahasa pemrograman tersebut banyak memiliki kelebihan meski sudah pasti ada kekurangan, tetapi bahasa pemrograman tersebut tersedia di hampir semua jenis komputer dan bahasa nya terstruktur, serta sebagai nya.
Semoga setelah penulis menyimpulkan memilih bahasa pemrograman ini, penulis mendapatkan bimbingan penuh dari guru pembimbing agar dapat menguasai bahasa pemrograman dengan optimal.
























BAB III
SERVER-SIDE

Pada server-side programming, perintah-perintah program (script) dijalankan di web server, kemudian hasilnya dikirim ke browser dengan format HTML. Program web yang tergolong dalam server-side programming adalah CGI/Perl, ASP (Active Server Page), PHP, CFM (Coldfussion), JSP (Java Script Page) dan lainnya.

Teknologi-teknologi server-side programming memang mempunyai kelemahan dan kelebihan, namun semua dari program server-side programming mempunyai persamaan yaitu kontrol. Artinya hanya server yang dikontrol oleh pengembang web tentang bagaimana program pada sisi server seharusnya berjalan. Yang paling penting dan perlu dipertimbangkan dalam server-side programming ini adalah isu tentang kecepatan dalam melayani banyak user. Sebagai contoh, form login yang biasanya ditampilkan untuk validasi user. Validasi akan dikirimkan ke server dan kemudian dicocokkan dengan basisdata di server, kemudian server akan mengirim balik informasi tersebut apakah valid atau tidak

Dalam pemrograman berbasis web ini, didalamnya adalah berupa script-script, baik pemrograman client maupun pemrograman server, dengan dalam bentuk script ini lebih mendekati atau dapat dikatakan pemrograman yang berasosiasi dengan halaman web. Server-side scripting yang banyak dalam pemrograman web adalah PHP, ASP dari Microsoft, JSP dari SUN, Coldfusion dan lainnya.

3.1. Teknologi Server Side
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpwRncTR_EIXd3taik0uSijrMfDTSS51_rvI_kuM9xIIqG8AsF2f4b02pyxUhZDy-fMhpvkpdHZRCyBKiE5w1UlIwC2AIBrliHGyfbJlASZXQDTf61hvJ8Cu7rGDGZ6U8ogQMjq9RMZkUv/s320/server.jpg

Dalam teknologi Sever Side proses update dilakukan di server. Cara kerja Server side : jika kita melakukan interaksi dengan halaman web maka browser akan mengirimkan perintah ke server, kemudian server akan merespon dan melaukan perintah yang diberi kemudian server akan mengirimkan kembali data/ perintah dari browser, dan browser akan menampilkan data/ perintah tersebut.

Karakteristik server side programming :
  1. Ada client yang meminta request
  2. Eksekusi program dilakukan di server
  3. Mengirimkan hasil ke client

Keuntungan server side programming :
  1. Cross platform : tidak tergantung dengan browser tertentu
  2. Optimasi dan pemeliharaan dilakukan di browser
  3. Dapat mengakses database dan tidak tergantung dengan keamanan
  4. Menambah kekuatan server
  5. Kode program aman

Aplikasi yang sering digunakan oleh server side programming yaitu :
  1. Search engines
  2. Database access
  3. Chat & bulletin board service

Dalam pembuatan web teknologi server side dibutuhkan server seperti xampp, wam, iis dan lain sebagainya. Contoh teknologi server side :
  • Asp
  • Php
  • Jsp
Perbedaan utama server-side programming dan client server programming adalah tempat mengeksekusi skripnya. Pada client server programming, skrip dieksekusi di browser sedangkan server side programming dieksekusi di client (web browser).
















BAB IV
CLIENT-SIDE
4.1. Arsitektur Teknologi Client Side
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0xINTtDCfqfbRKeYXxWa89Ni6P5uKLM3PFwH82Lko4TVI2L8gxvpykiK5xI6sHSW6B1JvKerPXjSn5yDrZSqgY2rqjT6da6VB2gvSa9nHtB1aUCZrU5Jn2zR0TFihyzHhAgpBMkPzFkGb/s200/client.jpg
Dalam teknologi Client Side proses update data dilakukan pada sisi browser. Sebagai contoh : jika kita melakukan interaksi dengan halaman web maka browser yang akan mengelola apa yang kita perintahkan.


Karakteristik client –side scripting :
  1. Kode program didownload bersama dengan halaman web
  2. Bersifat interpreter dan diterjemahkan oleh browser
  3. Model eksekusinya simple dan skrip dapat dijadikan satu dengan HTML
Berikut cara kerja Client Side:
  1. Pengunjung web mengklik salah satu link dari web dan browser membaca perintah pengunjung untuk memangil alamat web yang dituju.
  2. Setelah itu browser akan mengalihkan ke halaman yang dituju oleh pengunjung web.
Contoh teknologi Client Side :
  • Css
  • Jquery
  • Javascrip




BAB V
PENUTUP

5.1. DAFTAR PUSTAKA

Sumber :
# ^ Hanif al fatta (2006). Dasar Pemrograman C++ disertai dengan Pengenalan Pemrograman Berorientasi Objek. ISBN 979-763-582-1.
# ^ Bruce Eckel (2000). Thinking in C++. Jilid 1 dari Thinking in C++ Introduction to Standard C+, Bruce Eckel. ISBN 0139798099, 9780139798092.
# ^ Bjarne Stroustrup (2000). The C++ programming language, Prentice Hall, 2000. ISBN 0201889544, 9780201889543.
# ^ a b c d e Nicolai M. Josuttis (1991). C++ primer Jilid 54848 dari Programming languages, penerbit Addison-Wesley, 1991. ISBN 0201548488, 9780201548488.
# ^ a b Nicolai M. Josuttis (2002). Object-oriented programming in C++, Penerbit J. Wiley, 2002, Tebal 610 halaman. ISBN 0470843993, 9780470843994.
# ^ a b c d Gregory Satir, Doug Brown (2002). C++: the core language, Penerbit, O'Reilly Media, Inc., 1995, Tebal 207 halaman.. ISBN 156592116X, 9781565921160.
# ^ WWW.GOOGLE.COM.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar